MEMBANGUNAN KEMITRAAN YANG SOLID, BAPENDA MENJADI NARASUMBER KEGIATAN COSTUMER GATHERING BANK NTT WAIKABUBAK

Waikabubak – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumba Barat memenuhi undangan Pimpinan Cabang Bank NTT Waikabubak untuk menghadiri sekaligus menjadi salah satu Narasumber kegiatan Costumer Gathering Bank NTT Cabang Waikabubak Tahun 2024 pada Rabu 12 Juni kemarin.

Dalam rangka membangunan kemitraan yang solid dan saling mendukung guna meningkatkan kemandirian fiskal Kabupaten Sumba Barat melalui Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumba Barat memenuhi undangan Pimpinan Cabang Bank NTT Waikabubak untuk menghadiri sekaligus menjadi salah satu Narasumber kegiatan Costumer Gathering Bank NTT Cabang Waikabubak Tahun 2024.

Kegiatan ini digelar di Watuloku Villa & Wedding Hall, Pada Eweta-Waikabubak, Rabu 12 Juni 2024. Kegiatan ini, dihadiri oleh Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH sekaligus memberikan sambutan dan membuka acara dengan resmi. Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pimpinan Bank NTT Cabang Waikabubak beserta seluruh staf atas terselenggaranya kegiatan Costumer Gathering ini. Yohanis Dade, SH menyatakan dengan pelaksanaan kegiatan pertemuan seperti ini akan semakin meningkatkan kolaborasi atau kerjasama pemerintah daerah dengan Bank NTT dalam membangun Kabupaten Sumba Barat. Lebih lanjut disampaikan, “Bank NTT adalah Bank-nya masyarakat NTT secara umum dan Masyarakat Sumba Barat secara khusus, karena itu harus ada dampak yang nyata atas kehadiran Bank NTT ditengah-tengah kehidupan Masyarakat Sumba Barat”. Bupati Yohanis Dade juga mengajak masyarakat Sumba Barat untuk menabung di Bank NTT, karena dengan menabung di Bank NTT berarti turut membangun Sumba Barat sebagaimana motto Bank NTT, menabung di Bank NTT sama dengan Membangun NTT. “Bank NTT merupakan bank RKUD Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, oleh karena itu pemerintah berkewajiban untuk terus memelihara dan membangunan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan Bank NTT”, ujarnya.

 

Pimpinan Bank NTT Cabang Waikabubak, Marthin Sooai dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Sumba Barat yang selama ini telah bermitra dengan Bank NTT dan turut mendukung pertumbuhan dan kemajuan Bank NTT Cabang Waikabubak sejak beroperasi di Kabupaten Sumba Barat (Tahun 1992_Red). Selanjutnya Marthin menyampaikan, “Selamat atas pencapaian predikat WTP yang diperoleh secara hatrick / tiga kali berturut-turut dan mengharapkan agar kemitraan yang telah terjalin boleh berlangsung dan ditingkatkan lagi dimasa yang akan dating antara Pemda Sumba Barat dengan Bank NTT Cabang Waikabubak,” Mantan Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu itu mengharapkan peran seluruh masyarakat kabupaten Sumba Barat khususnya di sektor swasta dan sektor ritel perdagangan dan konstruksi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sumba Barat dengan menggunakan produk dan layanan jasa perbankan dari Bank NTT yang terus berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah atau customer Bank NTT.

Dalam kegiatan ini, Bank NTT juga melakukan sharring session dengan thema Bertumbuh Bersama dalam Pembiayaan. Sharring session ini menampilkan beberapa narasumber diantaranya, Bupati Sumba Barat, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas PUPR, Kepala dan Wakil Kepala Bank NTT Cabang Waikabubak. Kepala Bapenda Sumba Barat, Woldeman H. Wello, S. Si, M.Si dalam sharring session tersebut memberikan apresiasi atas kerjasama yang sudah boleh terjalin dengan Bank NTT Cabang Waikabubak, khususnya sejak Bapenda Sumba Barat terbentuk di Tahun 2022, dimana melalui kemitraan yang ada telah dibangun dan dikembangkan ekosistem Digital khususnya dalam pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Lebih lanjut Wolde menyampaikan, “saat ini terus dilakukan upaya peningkatan pelayanan terhadap WP Daerah melalui penyiapan berbagai kanal pembayaran digital Bank NTT yang dapat dimanfaatkan oleh WP”. Wolde menjelaskan, sejak penerapan pembayaran Pajak Daerah secara digital, terjadi peningkatan penerimaan Pajak Daerah yang cukup signifikan sekaligus meningkatkan kepercayaan WP kepada pemerintah bahwa uang pajak mereka tepat sasaran dan tidak terjadi kebocoran dalam pembayaran.

Selain itu Kepala Bapenda juga mengungkapkan bahwa upaya peningkatan PAD Kabupaten Sumba Barat, khususnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terus dilakukan percepatan dan jika tidak ada kendala maka pada akhir Juni atau awal Juli 2025, Kabupaten Sumba Barat sudah memiliki layanan Pajak Daerah yang full digital. Disadari bahwa merubah kebiasaan WP untuk beralih dari cara membayar konvesional ke digital bukanlah perkara yang mudah, oleh karena itu Bapenda akan terus meningkatkan fasilitas pembayaran yang ada serta dan literasi kepada masyarakat terkait keamanan pembayaran pajak secara digital. Tentunya upaya ini didukung penuh oleh Bank NTT dengan memberikan gimmick menarik bagi pembayar pajak secara digital, seperti yang telah dilakukan sejak Tahun 2023 melalui program Jumat Berseri.

            Mengakhiri kegiatan sharring session, Bank NTT memberikan penghargaan kepada nasabah Bank NTT yang telah berperan positif terhadap pertumbuhan Bank NTT Waikabubak seperti nasabah dengan rekening terbesar, nasabah dengan deposito terbesar, nasabah tidak menunggak kredit, nasabah paling kooperatif, dan mitra agen Bank NTT yang paling banyak melakukan transaksi digital menggunakan mesin EDC Bank NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *